Tradisi Perayaan Tahun Baru di Desa Doko, Kediri

0 292

Bulan Muharram atau Sura dalam penanggalan Jawa merupakan waktu yang disakralkan oleh sebagian besar masyarakat Jawa. Berbagai ritual adat istiadat diselenggarakan pada bulan Sura. Layaknya menyambut tahun baru masehi yang ramai dengan gegap gempita pesta pora, Tahun Baru Muharram atau Sura juga merupakan saatnya “berpesta” dalam budaya masyarakat Jawa. Pesta yang diselenggarakan di antaranya sedekah bumi, bersih desa, ruwatan, dan tirakatan.

Salah satu pesta yang rutin diselenggarakan setiap tahun secara turun-temurun, yaitu bersih desa dan ziarah Prabu Anom di Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.  Warga setempat maupun yang datang dari sejumlah daerah antusias menyambut dan mengikuti prosesi bersih desa dan ziarah Prabu Anom. Diawali dengan barisan para gadis berbusana tradisional menabur bunga di sepanjang jalan menuju makam Prabu Anom, pesta adat pun dimulai. Hasil bumi dan sejumlah sesaji beserta berbagai jenis minuman dikirab membelah kerumun warga di sepanjang jalan desa.

Puncak prosesi berlangsung di situs permakaman tempat persemayaman abadi Prabu Anom. Puja puji dan doa dipanjatkan di pusara Prabu Anom, yang oleh masyarakat dipercaya sebagai putra Raja Kediri Sri Aji Jayabaya. Berbagai ritual dilaksanakan di situs yang oleh sebagian masyarakat juga dianggap merupakan “pamuksan” sang Prabu Anom.

Dengan khusyuk dan penuh khidmat, warga mengikuti satu per satu rentetan ritual adat yang sarat akan nilai kearifan budaya lokal tersebut. Prosesi diakhiri dengan pembagian beraneka penganan dan minuman yang telah dikirab dan didoakan dalam rangkaian puncak bersih desa.

Ungkapan syukur atas keselamatan, berkah, dan rezeki telah dipanjatkan kepada Yang Maha Kuasa, terima kasih kepada para leluhur yang telah mengayomi juga telah dihaturkan, pesta warga Desa Doko pun usai. Warga kembali kepada kehidupan sehari-hari dengan harapan akan hidup yang lebih baik di tahun yang baru.

Source https://www.antarafoto.com/foto-cerita/v1447062642/pesta-tahun-baru-doko-kediri www.antarafoto.com
Comments
Loading...