Tradisi Peh Cun Dari Tangerang Banten

0 61

Tradisi Peh Cun Dari Tangerang Banten

Di Kota Tangerang banyak kebudayaan-kebudyaaan yang bisa dilestarikan contohnya perayaan Peh Cun. Dimana sebelum diadakannya festifal Cisadane di Tangerang kota, diadakan perayaan Peh Cun. Dengan adanya perayaan Pehcun kemudian  disertai diadakannya Festifal Cisadane setiap satu tahun sekali. Perayaan Peh Cun diakui dapat melahirkan cikal bakal lahirnya penyelanggaraan Budaya Jawa terutama di Kota Tangerang.

Sejarah singkat Peh Cun mempunyai arti mendayung perahu, yang diawal oleh seorang pejabat negri Cho dinasti ciu di negeri Tiongkok yang bernama Khut  Guan, yaitu seorang pejabat yang jujur dan setia kepada negara dan memang disegani oleh masyarakatnya.  Peh Cun sendiri mempunya ritual seperti sembahyang di Klenteng, lalu kemudian ritual menuju sungai Cisadane.

Tradisi Peh Cun diselenggarakan pada bulan 5 dan tanggal 5 dalam kalender Imlek. Perayaan Peh Cun di Tangerang dilaksanakan sejak tahun 1910. Saat itu sungai-sungai di Jakarta sudah mendangkal sehingga perayaan dipindahkan ke Tangerang karena pada saat itu sungai Cisadane yang luas sehingga Tangerang dinilai memenuhi syarat melaksanakan perayaan Peh Cun tersebut.

Pemerintah kota Tangerang menjadikan masyarakat kota Tangerang khususnya bisa saling melengkapi perbedaan dalam kemajemukan sehingga konflik dapat dihindari di Kota Tangerang. Lomba perahu naga sebagai media untuk menjalin tali persaudaraan masyarakat yang majemuk dan membuat masyarakat semakin dapat meningkatkan tali bersaudaraan dan untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya jawa masyarakat disekitarnya.

Source https://liveintangerang.wordpress.com/ https://liveintangerang.wordpress.com/category/kebudayaan-2/
Comments
Loading...