Tradisi Pawai Obor di Jawa Barat

0 81

Tradisi Pawai Obor di Jawa Barat

Bulan puasa sudah di depan mata. Untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan, beberapa daerah di Indonesia punya tradisi yang khas dan sarat makna.

Bulan Ramadhan hanya tinggal menghitung hari. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali tradisi yang diadakan tiap daerah untuk menyambut datangnya bulan suci.

Selain sebagai tradisi yang menyatu dengan budaya, kegiatan ini juga menjadi hal yang menarik untuk dinikmati oleh wisatawan. Inilah beberapa daerah dengan tradisi sambut Ramadhan yang jadi atraksi wisata.

Pawai Obor di Jawa Barat


Di Garut dan Kota Cirebon, pawai obor menjadi tradisi tahunan menyambut bulan yang dinanti-nantikan umat Muslim. Di Cirebon, ribuan warga berkumpul di depan Balai Kota Cirebon dan berkeliling kota membawa obor.

Sepanjang perjalanan masyrakat antusias berjalan meski rute yang dilewati cukup jauh. Sambil berjalan masyarakat terus mengumandangkan salawat dan takbir.

Bukan hanya di Cirebon, pawai obor juga digelar di Garut. Ribuan umat Muslim tumpah ke jalan. Sambil membawa obor, ribuan warga itu berjalan mengelilingi Kota Garut.

Sebelum pawai, massa Salat Isya berjamah di Masjid Agung Garut. Setelah itu mereka berkeliling, pusat perkotaan melalui rute Jalan Ahmad Yani, Jalan Guntur Melati, Jalan Pramuka, dan berakhir di Lapangan Alun-alun Garut.

Source http://www.timurjawa.com/ http://www.timurjawa.com/2019/05/07/aneka-tradisi-sambut-ramadhan-di-indonesia/
Comments
Loading...