Tradisi Pasar Kembang Weleri Jawa Tengah

0 168

Tradisi Pasar Kembang Weleri

Pasar Kembang Weleri merupakan salah satu tradisi tahunan yang berasal dari Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah berupa hadirnya penjual dan pembeli bunga yang berasal dari penjuru daerah untuk melakukan tradisi jual-beli bunga tersebut menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pasar Kembang ini tentunya berbeda dengan pasar kembang lain karena setiap daerah bahkan kecamatan pun memiliki tradisi sendiri.

Pasar Kembang Weleri ini biasanya dibedakan menjadi 2, yaitu Pasar Kembang Cilik dan Pasar Kembang Gedhe. Perbedaan yang mendasar diantara keduanya adalah waktu pelaksanaan. Pasar Kembang Cilik diadakan pada H-2 Hari Raya Idul Fitri, sedangkan Pasar Kembang Gedhe diadakan pada H-1 Hari Raya Idul Fitri. Selain perbedaan waktu, perbedaan lain adalah jumlah penjual pembeli dimana pada Pasar Kembang Gedhe jauh lebih ramai dan sesak daripada Pasar Kembang Cilik.

Pasar Kembang dimulai malam hari sampe pagi keesokan harinya. Bunga yang dijual berbagai macam dari mulai bunga hias sampai bunga yang digunakan untuk “nyekar” atau ziarah kubur. Tradisi ini diadakan tepat di depan Pasar Induk Weleri yang merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Jawa Tengah. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap penjual selain bunga karena dengan ramainya orang yang menuju pasar menyebabkan sebagian besar pedagang tidak menutup lapaknya di malam hari atau 24 jam tidak tutup dalam 2 hari Pasar Kembang tersebut.

Tradisi Pasar Kembang sudah berlangsung setiap tahun dan tentunya merupakan pendongkrak perekonomian yang besar menjelang hari raya. Semoga tradisi ini tak lekang oleh waktu dan terus menebar keharuman ke penjuru Weleri selagi menunggu gemanya kemenangan di Hari Raya Idul Fitri.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Pasar-Kembang-Weleri/
Comments
Loading...