Tradisi Pasar Bandeng Gresik

0 234

Tradisi Pasar Bandeng Gresik

Kabupaten Gresik berada di daerah pesisir pantai utara yang memanjang di kecamatan Kebomas, Gresik, Manyar, Ujung Pangkah, Sidayu, Panceng, dan berbatasan dengan Lamongan dan sebagaian wilayah berdekatan dengan Mojokerto, Surabaya dan Sidoarjo. letak daerah Gresik yang berada di pesisir pantai utara ini begitu  menguntungkan, karena letaknya yang cocok  untuk budidaya tambak. apabila  kita menyusuri jalur pantura dari Gresik hingga Lamongan, sejauh mata memandang tampak deretan tambak ikan  bandeng dan ada juga sebagaian udang.

Tradisi pasar bandeng di kota Gresik merupakan tradisi yang dilakukan untuk menyambut hari raya idul fitri. Dimana dilakukan pada dua malam terakhir sebelum malam takbiran dengan tujuan untuk menyambut malam takbiran atau untuk memeriahkan hari kemenangan agama islam (hari raya idul fitri). Pasar  bandeng dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas keberhasilan mereka dalam menjalankan ibadah puasa, sekaligus menunjukkan kepawaian dalam bidang pertambakan ikan bandeng dan juga untuk mengingat adat dan melestarikan budaya agar tidak hilang digerogoti waktu.

Tidak heran banyak orang tumpah ruah menikmati kemeriahan Pasar Bandeng. Bagi yang membawah kendaraan harap bersabar dan yang berjalan kaki harap berhati-hati. Dengan kepadatan seperti itu, masyarakat tetep andil dalam perayaan. Tidak hanya masyarakat Gresik saja yang ikut serta memeriahkan tapi juga dari berbagai kota yang berdekatan dengan kota Gresik  terutama Sidoarjo, Lamongan,  dan Mojokerto serta daerah yang lainnya. Karena banyaknya orang yang simpatik, tempat pelaksanaan pasar bandeng ini diperpanjang dari Jl. Samanhudi, Jl. Gubenur Suryo, Jl. Santri dan Jl. Basuki Rachmat. Awalnya sebelum diperpanjang hanya dimulai dari  Jl. Gubenur Suryo memanjang ke alun- alun kota. Maka jangan heran jika kita ingin merasakan pasar bandeng gresik kita harus rela bersenggol- senggol ria dengan pengunjung yang lainnya. Namun itu tidak akan dapat mengundurkan niat masyarakat.

Selain acaranya yang rame banyak berjejeran penjual barang – barang hari raya, kita juga dapat melihat pelelangan bandeng besar- besaran. Ikan bandeng di tempat ini berbeda dengan ikan bandeng yang ada di pasaran. Khusus untuk acara ini, kita dapat merasakan bandeng yang guri, tidak bau tanah dan juga besar. Bahkan ada kebiasaan orang kaya atau  berduit yang senang berburu bandeng besar serta bermutu terbaik. Harga bandeng disini begitu bervariasi tergantung pintar- pintarnya kita menawar serta berat  bandeng dan kualitasnya. Untuk bandeng yang masuk kategori bagus harganya mencapai Rp 30.000 hingga Rp 45.000 per-ekor. Jika ingin membeli, datanglah lebih awal karena memasuki tengah malam dan menjelang dini hari (sehari sebelum lebaran) bandeng-bandeng itu akan ludes terjual.

Source http://www.suaragresik.com http://www.suaragresik.com/2013/07/tradisi-pasar-bandeng-di-kota-gresik.html
Comments
Loading...