Tradisi Padusan Yogyakarta

0 117

Tradisi Padusan Yogyakarta

Menjelang Ramadhan tiba, berbagai persiapan dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Terkhusus oleh masyarakat Jawa, terdapat persiapan khusus yakni ritual padusan. Ritual padusan merupakan hasil akulturasi budaya Jawa dan Islam. Padusan berasal dari kata adus yang berarti mandi dalam Bahasa Jawa. Mandi menjelang datangnya bulan suci Ramadhan ini bertujuan untuk menyucikan diri secara fisik dan batin dengan cara mandi besar tepat sehari sebelum bulan Ramadhan.

Biasanya, ritual padusan dilakukan dengan cara berombongan bersama keluarga atau kerabat dekat dan dilakukan di kolam yang dianggap memiliki air bersih seperti pantai, umbul, kolam atau tempat lainnya. Tidak ada upacara khusus dalam ritual ini, pengunjung biasanya datang ke tempat tersebut kemudian mandi ataupun bermain air dengan niat untuk menyucikan diri.

Di Jogja sendiri ada banyak lokasi yang sering dijadikan penduduk untuk melakukan ritual padusan. Biasanya tempat yang paling ramai dikunjungi adalah tempat yang memiliki air alami.

Source https://bonvoyagejogja.com/ https://bonvoyagejogja.com/ritual-padusan-bermain-air-sambil-menyucikan-diri-menyambut-bulan-suci/
Comments
Loading...