Tradisi Padusan Cokro Tulung Menyambut Ramadan Di Klaten

0 217

Tradisi menjelang puasa di bulan Ramadan oleh orang Jawa biasanya tidak sekedar disambut dengan tradisi Sadranan atau ziarah ke makam leluhur saja. Salah satu tradisi yang digandrungi dan selalu dapat ditebak keramaiannya adalah tradisi Padusan.

Di wilayah Klaten terdapat beberapa lokasi yang menjadi favorit bagi warga untuk menjalankan tradisi ini. Salah satu yang paling ramai adalah ritual Padusan di Umbul Ingas atau Umbul Cokro Tulung (OMAC) di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten.

Objek wisata air yang kini telah disulap menjadi objek mata air Cokro (OMAC) itu selalu menjadi tujuan utama bagi warga untuk menjalankan ritual membersihkan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Entah dari mana atau siapa yang mengawali tradisi bersih-bersih ini, namun yang jelas Padusan Cokro Tulung telah menjadi salah satu objek wisata air sekaligus budaya andalan Kabupaten Klaten.

Padusan selalu dilaksanakan sehari sebelum puasa hari pertama di bulan Ramadan dijalankan. Tidak hanya di Cokro Tulung saja, di hari itu hampir seluruh lokasi wisata air di Kabupaten Klaten akan selalu dibanjiri ribuan pengunjung. Sebut saja di Umbul Ponggok, Sendang Sinongko, Pemandian Jolotundo, DLL.

Source https://pariwisataklaten.id/2017/05/tradisi-padusan-sambut-ramadhan-di-omac-cokro.html pariwisataklaten.id
Comments
Loading...