Tradisi Pacuan Kuda Di Ambal Kebumen

0 124

Tradisi Pacuan Kuda di Ambal Kebumen

Dalam rangka Merayakan Lebaran Idul Fitri masyarakat Ambal Kebumen selalu menyelanggarakan pacuan kuda yang sudah sudah jadi tradisi tahunan masyarakat Kecamatan Ambal Kebumen. Biasanya pacuan kuda di laksanakan di lapangan Desa Ambalresmi Kecamatan Ambal. Lomba yang diikuti kuda balap berbagai daerah di Pulau Jawa ini memang jadi ‘klangenan’ bagi warga Ambal. “Tradisi ini dimulai sejak 1957 lalu dan menjadi momen yang ditunggu-tunggu warga Ambal setiap merayakan Idul Fitri. Warga merasa kurang lengkap bila berlebaran tanpa kemeriahan acara ini.

Tradisi yang lahir dari latar belakang masyarakat Ambal yang memang gemar beternak kuda sejak jauh-jauh hari sebelum tradisi itu dimulai, dan selalu diupayakan untuk dilestarikan oleh masyarakat Ambal dengan dukungan Persatuan Olah Raga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kebumen. Setiap acara ini digelar, antusias warga untuk menyaksikan sejak penyisihan hingga final penonos selalu membludak.

Source http://modatranswisata.blogspot.com http://modatranswisata.blogspot.com/2015/12/pacuan-kuda-tradisi-lebaran-di-ambal.html
Comments
Loading...