Tradisi Nyekar Di Kulon Progo

0 38

Tradisi Nyekar Di Kulon Progo

Setiap menjelang bulan Ramadhan, banyak tradisi yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. Salah satunya adalah berziarah ke makam keluarga atau nyekar. Selain mendoakan keluarga mereka yang telah tiada, tradisi nyekar juga dimanfaatkan untuk merawat dan membersihkan makam. Tidak heran, berbagai tempat pemakaman umum dipenuhi warga yang berziarah.

Menjelang Ramadhan, beberapa tempat pemakaman umum di wilayah Wates Kulon Progo dan sekitarnya. Mulai di datangi warga yang melaksanakan tradisi ini. Seorang peziarah mengatakan, ia beserta keluarganya melaksanakan tradisi nyekar menjelang Ramadhan ini rutin setiap tahun.

Para ahli waris ini, datang dari berbagai tempat, ada yang datang dari luar Kota ada juga dari warga sekitar. Banyaknya warga yang datang untuk berziarah, membuat kunjungan ke tempat pemakaman umum meningkat dua kali lipat. Jika pada hari biasanya tempat pemakaman umum tampak sepi dari peziarah, kini mulai tampak di datangi,terlebih saat puasa tinggal 2-1 hari justru padat oleh peziarah yang datang.

Nyekar / Ngirim / Ziarah makam hanya satu dari sekian banyak tradisi masyarakat Indonesia khususnya umat Islam dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Selain makam keluarga, sebagian umat muslim ada pula yang berziarah ke makam para Wali dan pemuka agama Islam lainnya.

Ada pula umat muslim yang melakukan tradisi Ruwahan ataupun Nyadran bersama untuk menyambut Ramadhan. Berbagai tradisi yang patut dilestarikan ini, merupakan warisan turun-temurun dari nenek moyang bangsa Indonesia sejak dulu. Tradisi yang menghargai tata krama, pengormatan kepada yang lebih tua, dan tanda bakti anak pada orang tua generasi sebelumnya.

Source https://www.cendananews.com/ https://www.cendananews.com/2015/06/jelang-ramadhan-umat-muslim-wates-laksanakan-tradisi-nyekar.html
Comments
Loading...