Tradisi Nyadran di Desa Gumelem Banjarnegara

0 279

Tradisi Nyadran di Desa Gumelem Banjarnegara

Di suatu daerah di ujung sebelah barat Kabupaten Banjarnegara yaitu di Desa Gumelem Kecamatan Susukan yang berbatasan dengan Kabupaten Banyumas, terdapat sebuah tradisi yang turun temurun dilaksanakan oleh warga di desa tersebut yang disebut dengan Pesta Nyadran Gede.

Ritual ini diadakan setiap tahun oleh masyarakat Desa Gumelem, Kecamatan Susukan, yang diawali dengan acara bersih bersih di lingkungan wilayah desa yang dilaksanakan secara bergotong royong sebagai lambang kebersihan penduduk desa Gumelem dan ritual ini juga sebagai upaya untuk melestarikan tradisi masyarakat desa gumelem dan sebagai sarana ruwat bumi. Nyadran gede berarti berkumpulnya orang orang atau warga desa tersebut pada bulan sadran yang dibuat secara besar besaran dan dilaksanakan secara bergotong royong masing masing warga membawa tumpeng kumplit dengan lauk pauknya, buah buahan dan jajan.

Sebelum dilaksanakan acara makan bersama-sama terlebih dahulu dilaksanakan upacara ritual / kirab menuju makan Ki Ageng Girilangan yang dipimpin oleh sesepuh atau juru kunci makam tersebut dan semua peserta kirab menggunakan pakaian adat jawa. Pada acara nyadran gede itu banyak dihadiri oleh berbagai wisatawan lokal maupun manca negara yang bertujuan ingin melihat secara langsung kegiatan perayaan nyadran gede tersebut. Upacara ritual ini dilaksanakan secara turun temurun setiap tahun bertepatan pada bulan sadran.

Source http://budparbanjarnegara.com http://budparbanjarnegara.com/2013/02/27/pesta-nyadran-gede-lestarikan-tradisi-ruat-bumi/
Comments
Loading...