Tradisi ngubek lauk Sukabumi

0 33

Tradisi ngubek lauk (ikan-red) seakan sudah menjadi budaya warga Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Seperti yang terjadi Minggu pagi, ribuan warga tumpah ruah di areal persawahan yang dirubah menjadi kolam dadakan untuk berebut menangkap berbagai jenis ikan.

Acara ngubek ini merupakan rangkain puncak kegiatan Pesta Rakyat ke IV Desa Karangpapak, yang dihadiri langsung Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Kita sudah berusaha meningkatkan kemeriahan serta fasilitas yang disediakan untuk pesta rakyat ini, ujar Kepala Desa Karangpapak, Nanang Mulyana.

Pria yang akrab disapa Kang Baskom itu mengungkapkan, pihaknya menyiapkan sebanyak 2.000 kilogram atau 20 kwintal ikan berbagai jenis seperti ikan mas, lele, nila, dan gurame yang di sebarkan ke kolam.

Warga bisa langsung ngubek dengan menggunakan tangan, insha Allah tahun depan acara ini akan lebih meriah lagi, ditambah dengan beragam permainannya, ungkapnya.

Selain acara ngubek lauk, Pesta Rakyat ke IV Desa Karangpapak juga dimeriahkan dengan perlombaan panjat pohon pinang dan Dongdang.

Source https://sukabumiupdate.com https://sukabumiupdate.com/detail/sukabumi/peristiwa/24935-ribuan-warga-ngubek-lauk-di-pesta-rakyat-karangpapak-cisolok-kabupaten-sukabumi
Comments
Loading...