Tradisi Ngaliwet Jawa Barat

0 50

Tradisi Ngaliwet Jawa Barat

Indonesia kaya akan tradisi yang unik yang harus kita pelihara terus sampai kapanpun. Tradisi yang unik yang satu ini adalah tradisi dari Jawa Barat atau biasa kita sebut Sunda. Salah satu tradisi unik dari provinsi ini adalah Ngaliwet.

Ngaliwet berarti memasak nasi liwet, nasi yang hanya ditanak sekali dan dicampur dengan rempah-rempah yang membuat nasi ini lebih beraroma dan enak. Tradisi unik ini tidak hanya acara makan bersama tapi ada beberapa ritual didalamnya.

Ada ritual masak bersama, mulai dari patungan biaya, membeli bahan makanan atau menyumbang bahan makanan mentah untuk dimasak. Meskipun terbilang belum lama berdiri. Seiring waktu berjalan anggotanya terus bertambah.

Ngaliwet sudah menjadi tradisi hampir setiap pekan terutama yang biasa kesini suka ngaliwet. Untuk lauknya bisa apa saja sesuai dengan selera dan modal keuangan. Biasanya Nasi liwet disajikan bersama ikan mas atau ikan bakar, atau bisa juga disajikan dengan yang lebih sederhana yaitu dengan lalapan, ikan asin dan sambal.

Keunikan dari tradisi ini adalah jika semuanya sudah matang, nasi liwet dan lauknya akan disajikan diatas beberapa lembar daun pisang sebagai pengganti piring untuk alas makan. Semua nasi, lauk pauk dan lalapan yang sudah dimasak disebar diatas daun pisang tersebut.

Cara makan nasi liwet yang seperti ini akan mempererat silaturahmi dan kekeluargaan utamanya kebersamaan. Biasanya ngaliwet akan diadakan diluar rumah seperti di pinggiran sawah, kebun, atau di tempat lainnya. ngaliwet sudah ada sejak lama dilakukan oleh masyarakat Sunda sejak dulu dan sudah turun temurun.

Source https://newswartapublik.wordpress.com/ https://newswartapublik.wordpress.com/2017/03/15/ngaliwet-sebuah-kearipan-lokal-yang-perlu-dilestarikan/
Comments
Loading...