Tradisi Munjung Menukar Makanan

0 271

Tradisi Munjung Menukar Makanan

Salah satu budaya yang kerap dilakukan adalah mengantar ​makanan untuk tetangga dan kerabat​ bila akan menjelang Hari Raya Idul Fitri.Tradisi ini bertujuan untuk menjalin Silaturahmi antar tetangga sekitar dan kerabat dengan cara menukar makanan,tradisi ini hampir di lakukan di seluruh daerah.

Biasanya masyarakat yang tinggal di suatu pemukiman akan memasak atau membuat nasi beserta lauk pauk yang spesial. Rendang, gulai, opor, ketupat, hingga kue-kue seperti kue lapis ​hingga ​rengginang.Sebagai menu makanan yang dapat di tukarkan.

Kegiatan memasak sudah selesai maka langkah selanjutnya ialah sang empunya rumah akan mengemas dan membagi makanannya ke dalam dua atau tiga wadah,wadah tersebut biasanya menggunakan rantang :

-pertama wadah untuk orang rumah,

-kedua wadah untuk tetangga,

-ketiga wadah untuk keluarga dekat.

Rantang tiga atau empat tingkat yang masih hangat dan berupa ini terdiri dari nasi, lauk, serta kue yang diantarkan oleh saudara paling muda ke rumah kakaknya yang lebih tua. Biasanya ada balasannya berupa amplop yang berisikan uang untuk para anak-anak.

Sedangkan para tetangga biasanya hanya menggunakan piring.Tradisi budaya ini semakin unik jika dijadikan sebagai kesempatan untuk bercengkrama hingga bercanda bersama keluarga dan teman.  Mereka melakukannya dalam rangka nostalgia dan mengenalkan budaya Indonesia yang kental akan kebersamaan kepada anak-anak mereka.Orang Indonesia dahulu jarang sekali membeli atau memesan makanan pada ​k​atering atau restoran, seperti yang kerap dilakukan banyak orang sekarang.​Sehingga kental dengan budaya ini.

Source Tradisi Munjung Menukar Makanan detik ramadhan
Comments
Loading...