Tradisi Mlaku Mbungkuk Jawa Timur

0 18

Tradisi Mlaku Mbungkuk

Mlaku Mbungkuk adalah salah satu kebiasaan orang Jawa yang bertujuan untuk menghormati orang yang lebih tua. Kebiasaan ini maksudnya adalah membungkuk/merendahkan tubuh saat berjalan di hadapan orang yang lebih tua. Kebiasaan ini sudah ada sejak zaman dulu dan terus berlanjut dari generasi ke generasi. Mlaku Mbungkuk biasanya disertai dengan meluruskan tangan ke bawah agak depan, serta tangan satunya di belakang. Untuk lebih sopannya, orang yang mlaku mbungkuk biasanya disertai dengan ucapan, “Permisi, Pak/Bu” atau dalam bahasa jawa, “nyuwun sewu, Pak, Bu”. Perlu diingat bahwa saat membungkuk, harus berjalan pelan-pelan, bukan malah berlari.

Kebiasaan orang Jawa ini memang terlihat sepele, hanya membungkukkan badan, lalu mengucapkan “Permisi”. Namun hal itu menunjukkan etika kita terhadap orang yang lebih tua, sopan santun, menghormati, dan menghargai ‘posisi’ orang tersebut.

Mirisnya, seiring berjalannya waktu dari generasi ke generasi, budaya ini perlahan luntur, meskipun masih ada yang melakukannya. Ditambah lagi dengan ‘generasi atas’ yang sudah kental dengan kebiasaan ini, perlahan-lahan telah tiada. Ada yang berpikiran bahwa kebiasaan ini terlihat kuno dan tidak lagi dianggap penting, namun sekarang, giliran generasi muda yang harus meneruskan warisan budaya Jawa ini agar kebiasaan ini tetap ada dan terjaga hingga ke keturunan selanjutnya.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Mlaku-Mbungkuk/
Comments
Loading...