Tradisi Minum Toak di Kota Tuban

0 203

Tradisi Minum Toak di Kota Tuban

Tradisi minum toak pada masyarakat Tuban, mempunyai ciri tersendiri dan bila dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur. Demikian juga dengan nilai budaya yang ada dalam tradisi tersebut. Perilaku guyub dan keyakinan akan keampuhan tuak dapat menyembuhkan berbagai penyakit, merupakan sekian alasan yang sering dilontarkan oleh masyarakat Tuban khususnya para peminum tuak.

Dari hal tersebut, tak heran bila tradisi ini tetap bertahan keberadaannya hingga sekarang. Banyaknya persepsi dan interprestasi mengenai keberadaan tradisi minum tuak pada masyarakat Tuban ini, melahirkan berbagai fenomena yang berkembang pada masyarakat Tuban itu sendiri. 

Keberadaan tradisi minum tuak sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat Tuban. Ada gejala walaupun mereka bukan peminum tuak dan sering mencelanya, tetapi bila berbicara dengan orang luar tuban (asing) mengenai keberadaan tradisi minum tuak, sikap bangga akan nampak pada diri orang itu, apalagi bagi peminum tuak itu sendiri.

Sebagai suatu nilai budaya tradisi ini menurut para peminum tuak memberikan kontribusi positif bagi hubungan kemasyarakatan di antara kelompok peminum tuak maupun pada masyarakat setempat. Sikap guyub, setia kawan, tepa salira, toleransi, kekeluargaan, gotong royong merupakan sebagian nilai yang sudah mempribadi dalam kehidupan mereka. 

Source http://kota-tuban.blogspot.co.id/ http://kota-tuban.blogspot.co.id/2012/07/tradisi-minum-toak-di-kota-tuban.html
Comments
Loading...