Tradisi “Mikran”, Mengisi Malam Ramadhan Di Kota Cilegon, Banten

0 29

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa di dalam bulan Ramadhan, ummat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Didalam berpuasa di bulan Ramadhan, ummat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan tadarus Al- Quran, dan tadarus Quran sudah menjadi tradisi bagi ummat Islam. Bahkan di Banten khususnya di Cilegon dan Serang seakan sudah menjadi tradisi yang khas pada setiap malam bulan suci Ramadhan.

Ritual Mikran ini lazimnya dilakukan masyarakat kampung setempat secara bergantian oleh laki- laki yang biasanya sudah fasih bacaan tartil Qur’an nya. Dalam satu bulan penuh Ramadhan, biasanya Mikran atau tadarus ini bisa mengkhatamkan Al Quran smpai beberapa kali.

Dan sampai sekarang di awal bulan Ramadhan, sebagaimana mulai terdengar dari masjid atau langgar, pelaksanaanya seakan sudah menjadi tradisi yang kuat sekali di Cilegon dan Serang. Tradisi ini seakan – akan menjadi perpaduan antara kebudayaan Islam dan Jawa.

Source http://faktabanten.co.id/ http://faktabanten.co.id/mengenal-mikran-tradisi-ramadhan-di-cilegon-yang-harus-dilestarikan/

Leave A Reply

Your email address will not be published.