Tradisi Methek Makin Membudaya Di Jember

0 57

Tradisi Methek Makin Membudaya Di Jember

Tradisi selamatan (Methek) atau syukuran ketika akan memanen padi hingga saat ini terus dilakukan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Jember Jawa Timur.

Selamatan syukuran di rumah dengan mengundang sejumlah tetangga kemudian dilanjut dengan membawa sejumlah sesajen untuk dibawa ke lahan padi yang akan dipanennya serta membakar kemenyan hingga saat ini masih dilakukan oleh warga.

Nuansa ramai tradisi Methek tersebut menjadi pemandangan unik tersendiri dari salah satu tradisi kekayaan budaya tradisional masyarakat Indonesia. Upaya tersebut dilakukan oleh sebagian para petani karena meneruskan tradisi yang dilakukan oleh orang tuanya dahulu dengan tujuan agar selamat dan hasil panen padinya melimpah dengan menghormati Dewi Sri.

Dewi Sri dianggap sebagai dewi tertinggi dan dewi terpenting bagi masyarakat agraris, seperti di Indonesia. Sosok dewi ini diagungkan dan dimuliakan. Dalam cerita leluhur mereka, Dewi Sri digambarkan sebagai putri kayangan cantik dan santun, yang menikah dengan seorang lelaki di bumi.

Putri itu mempunyai sikap dan perilaku bertanggung jawab dan percaya diri. Ia selalu menyediakan makanan untuk keluarganya tanpa proses memasak. Namun, pada saat janji dilanggar oleh suaminya, Dewi Sri kembali ke kayangan. Sejak saat itu, manusia harus menanam padi dan memasak untuk memenuhi kebutuhan makanan pokok.

Source https://nrmnews.com/ https://nrmnews.com/2015/03/21/tradisi-methek-makin-membudaya-di-jember/

Leave A Reply

Your email address will not be published.