Tradisi Merti Code Yogyakarta

0 67

Tradisi Merti Code Yogyakarta

Tradisi Merti Code merupakan kegiatan kebudayaan, yang dimaksudkan untuk membangun kesadaran dari masyarakat agar ikut berperan aktif dalam menjaga sekaligus melestarikan kebersihan Kali Code. Atraksi unik ini tergolong baru, bukan merupakan tradisi lama. Selain itu, Tradisi Merti Code ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia air serta sungai dari Tuhan untuk masyarakat karena sungai sekali memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan.

Keberadaan Kali Code ini sebetulnya dibutuhkan masyarakat yang berada di sekitar bantaran. Sebagian penduduk kampung di pinggiran sungai hingga saat ini masih sering menggunakan sumber air bersih dari sungai tersebut demi mendukung kehidupan mereka sehari-hari. Wujud dari kebutuhan ini antara mandi, mencuci pakaian dan sebagainya.

Sejumlah warga juga memakai Kali Code untuk memelihara ikan melalui kolam ataupun di karamba. Sedangkan, anak-anak masih menggunakan sungai ini untuk bermain. Oleh karena itu, usaha pelestarian Kali Code harus benar-benar dilaksanakan dengan baik, bukan hanya oleh pemerintah saja, namun juga dilakukan oleh semua elemen masyarakat. Penghijauan di bantaran Kali Code harus terus menerus dilakukan.

Tradisi Merti Code ini diawali dengan mengambil tujuh sumber mata air di pinggiran Kali Code. Pengambilannya dilakukan oleh tokoh masyarakat. Air dari tujuh sumber ini nantinya disatukan dalam gentong untuk acara tirakatan.

Di hari berikutnya, gentong dikirab sambil mengelilingi kampung sekitar Kali Code bersama dengan pusaka paringan Dalem Sultan HB X serta diiringi bregada atau prajurit khusus dan kelompok seni kampung. Selanjutnya air dari gentong tersebut dibagikan kepada masyarakat saat acara akan berakhir.

Source http://hotelthecube.com http://hotelthecube.com/memahami-tujuan-dan-makna-tradisi-unik-merti-code-yogyakarta/
Comments
Loading...