Tradisi Meron, Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Pati

0 158

Tradisi Meron, Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Pati

Setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, warga di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah menggelar tradisi meron. Acara tradisi tiap tahun sekali ini berlangsung meriah. Tidak hanya warga Pati yang datang diacara ini, namun warga luar daerah juga berdatangan.

Tradisi meron, yang merupakan acara tradisi tahunan itu digelar di jalan Kayen-Sukolilo, pada Kamis (22/11/2018) sore. Ribuan warga berkumpul di kawasan Sukolilo, Pati. Sebanyak 13 gunungan setinggi sekitar 2 meter, berisi makanan tradisional khas daerah setempat diarak sepanjang rute kirab.

Selesai diarak, warga yang telah memadati lokasi pelaksanaan tradisi langsung memperebutkan gunungan tersebut. Isi dari gunungan tersebut adalah Kronce. Kronce adalah makanan khas Sukolilo, yang menyerupai rengginang namun terbuat dari ketan dan dibuat membentuk bunga dan ampyang.

Di atas gunungan terdapat potongan ayam, dan dihiasi rangkaian bunga yang melingkari gunungan. Dasarnya (makanan di gunungan) adalah beras ketan, dan itu merupakan lambang yang mempunyai makna ngraketaken (merekatkan) persaudaraan, persatuan.

Meron itu punya keunikan dan karakter yang tidak berubah sejak awal diselenggarakan hingga saat ini. Acara dimulai dari istighosah, kemudian diadakan takhtimul Qu’ran bil ghoib. Setelah itu prosesi yang dimulai dengan gebyar budaya dan prosesi terakhir ritualnya.

Tradisi ini sudah rutin digelar setiap tahunnya untuk peringatan Maulid Nabi, antusiasnya tidak hanya dari masyarakat sekitar saja tapi juga banyak dari luar daerah. Sementara Kepala Disporapar Kabupaten Pati, Sigit Hartoko mengajak kaum muda atau milenial untuk memviralkan Meron sebagai destinasi wisata budaya. Dengan begitu, tradisi Meron bisa tetap lestari dan diteruskan oleh generasi selanjutnya.

Meron menjadi warisan budaya yang punya karakteristik, dan ini perlu diviralkan tentunya melibatkan seluruh komponen termasuk generasi muda untuk memberikan multiplier effect termasuk dalam hal ekonomi dan kepada Desa Sukolilo.

Source https://news.detik.com/ https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4313117/tradisi-meron-peringatan-maulid-nabi-muhammad-di-pati?_ga=2.55034415.564810486.1545785145-916231525.1540345384
Comments
Loading...