Tradisi Membuat Cangkang Ketupat Jawa Barat

0 37

Tradisi Membuat Cangkang Ketupat

Di sebuah wilayah di kota Bandung terdapat suatu tradisi membuat cangkang ketupat, tepatnya di Jalan Caringin, Gang Blok Kupat II. Cangkang ketupat dibuat dari daun kelapa yang masih muda kemudian disimpul dan dianyam sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah kubus seperti ketupat-ketupat yang seringkali kita lihat saat Lebaran. Tradisi ini sudah terbentuk sejak lama dan turun-temurun sehingga hampir semua warganya dari tua sampai muda berprofesi sebagai tukang pembuat cangkang ketupat. Ada yang menjadikannya pekerjaan tetap, ada pula yang hanya menjadikannya sebagai perkerjaan sampingan.

Ini merupakan sebuah pekerjaan yang menarik karena dibutuhkan ketekunan, keahlian, dan ketelitian dalam membuat cangkang ketupat. Satu orang bisa membuat cangkang ketupat sebanyak 1000 buah setiap harinya, kemudian dijual kepada tukang kupat tahu dan diedarkan ke pasar-pasar tradisional di kota Bandung. Jika dahulu mereka harus berkeliling dan menawarkan cangkang ketupat buatan mereka ke rumah-rumah, sekarang mereka bahkan sudah memiliki pembeli tetap sehingga mereka tinggal langsung mengirimnya. Cangkang ketupat ini dijual dengan harga Rp 10.000,- per ikatnya dan 1 ikat berisi 10 buah cangkang ketupat. Saat Idul Fitri dan Idul Adha, omset yang mereka dapatkan dari menjual cangkang ketupat ini bisa mencapai 70%.

Mereka berharap agar tradisi mereka dapat terus dijaga dan dikenal terutama bagi generasi muda di kota ini. Dengan itu, beberapa tahun lalu diadakan sebuah festival yang bertujuan merealisasikan harapan mereka tersebut. Pada festival ketupat tersebut diadakan beberapa lomba seperti membuat cangkang ketupat dengan cepat dan memasak berbagai makanan yang berisi ketupat. Mereka ingin baik masyarakat maupun wisatawan menjadikan daerah mereka sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi saat akhir pekan. Disana, pengunjung pun bisa belajar membuat cangkang ketupat langsung dari warga Blok Kupat.

Source tps://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tradisi-Membuat-Cangkang-Ketupat/
Comments
Loading...