Tradisi Manganan Janjang Blora

0 22

Tradisi Manganan Janjang Blora

Tradisi tahunan Manganan Janjang di Desa Janjang Kecamatan Jiken yang merupakan salah satu potensi wisata budaya di Kabupaten Blora. Sekeretaris Desa Janjang, Halim Budiono mengatakan kegiatan ini di lakukan setiap tahunnya dalam rangka Manganan Janjang, yang merupakan bentuk wujud rasa syukur masyarakat desa kepada Sang Maha Pencipta telah diawali dengan acara pengajian akbar dan Haul Eyang Jatisuwara dan Eyang Jatikusuma.

Menurutnya kegiatan manganan ini di lakukan setiap tahunnya untuk mengungkaokan rasa syukur atas riski yang di berikan kepada para masyakarat. Dalam acara manganan juga di gelar pentas wayang krucil yang merupakan wayang warisan peninggalan Eyang Jatisuwara-Jatikusuma yang dimainkan turun-temurun setahun sekali setiap gelaran acara Manganan Janjang.

Sementara itu Fausan pengunjung dari bojonegoro menggatakan tujuannya datang ke acara manganan tersebut adalah masih di lakukannya uri-uri budaya jawa yang masih kental di Desa janjang.

Sekedar diketahui, Manganan Janjang memang menjadi salah satu daya tarik wisata budaya tahunan di Kabupaten Blora. Bertempat di areal pesarean Eyang Jatisuwara-Jatikusuma yang berada di atas bukit, ribuan manusia dari berbagai kota dipastikan akan datang. Pemandangan alam yang cantik di bukit pasujudan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal.

Source https://rakyatindependen.co.id https://rakyatindependen.co.id/tradisi-manganan-janjang-yang-jadi-wisata-budaya-di-blora/
Comments
Loading...