budayajawa.id

Tradisi “Makan Ambeng” di Salatiga

0 21

Tradisi “Makan Ambeng” di Salatiga

Tradisi bukan hanya tentang adat dan budaya sebuah suku, tradisi pun milik sekelompok orang yang hidup dalam lingkungan tertentu. Begitu pula saat Ramadhan, kita akan menjumpai banyak tradisi daerah atau negara dalam menyambut dan menjalani ibadah selama Ramadhan. Di kota Salatiga, sebuah tradisi unik berbuka puasa pun sudah turun temurun dijalankan. Adalah Pondok pesantren Hidayatul Mubtadiin, Kalibening, Kota Salatiga yang memiliki tradisi unik menjelang berbuka puasa. Para santri berbuka puasa bersama di halaman masjid dengan takjil-takjil yang dihidangkan dengan ambeng atau tampah dari rumah warga sekitar.

Pada pagi hari, para santri akan keliling meletakkan ambeng atau tampah ke rumah warga, dan sore harinya menjelang berbuka puasa para santri tersebut kembali berbondong-bondong berkeliling ke rumah warga untuk mengambil kembali ambeng-ambeng yang sudah diisi beberapa menu makanan dari rumah warga tersebut. Ambeng-ambeng tersebut dibawa ke halaman masjid pondok pesantren untuk kemudian menjadi menu berbuka puasa para santri. Satu ambeng atau tampah biasanya diperuntukkan masing-masing untuk 10 -12 santri. Bagi masyarakat Salatiga, ini merupakan tradisi setiap kali dan selama Ramadhan. Bahwasanya tradisi tersebut dianggap sebagai salah satu amalan di bulan puasa, yaitu berbagi terhadap sesama.

Source http://www.sayangi.com http://www.sayangi.com/2013/07/22/2733/gaya-hidup/tradisi-buka-puasa-makan-ambeng-di-salatiga
Comments
Loading...