Tradisi Lelang Bandeng Sidoarjo

0 310

Tradisi Lelang Bandeng Sidoarjo

Indonesia memiliki ragam kebuadyaan dan tradisi yang unik. Salah satunya dari Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, yakni tradisi lelang bandeng ‘kawakan’. Tradisi ini kerap diadakan setiap tahun dalam memeringati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini dilakukan di alun-alun Sidoarjo.

Lelang bandeng adalah melelang ikan bandeng, tetapi bukan sembarang ikan bandeng, tetapi bandeng ‘kawakan’ yang dipelihara khusus antara 5-10 tahun dan mencapai berat 7 kg sampai 10 kg per-ekor. Tradisi ini tujuannya selain menjujung tinggi Maulid Nabi Muhammad SAW, tetapi juga memiliki maksud untuk mempromosikan hasil kekayaan daerah.

Bahkan, tradisi ini juga untuk meningkatkan semangat produksi ikan bandeng oara petani tambah agar Sidoarjo tidak kehilangan ‘icon’-nya. Tujuan lainnya adalah, hasil bersih dari lelang, keseluruhan pendapatan digunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan.

Dalam tradisi ini juga, selalu dibarengi dengan kegiatan-kegiatan lainnya yaitu pasar murah, berbagai macam hiburan tanpa dipungut biaya, antara lain : Band, Orkes Melayu, Ludruk, Samroh dan lomba MTQ tingkat kabupaten.

Source Tradisi Lelang Bandeng Sidoarjo Kartini
Comments
Loading...