Tradisi Lebaran Ketupat Sapi, di Tuban

0 87

Tradisi lebaran ketupat tidak hanya dilakukan oleh manusia saja, di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, hewan sapi juga ikut merayakan lebaran ketupat, yang di rayakan tepat sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri. Warga yang memiliki hewan ternak sapi, hingga saat ini masih melestarikan budaya lebaran Ketupat Sapi. Dengan cara berdoa dan mengalungkan ketupat di leher sapi, hingga memberi makan sapi dengan menu ketupat, agar hewan ternaknya tersebut sehat dan beranak banyak.

Seperti halnya manusia, sapi-sapi ternak warga ini juga makan ketupat. Bahkan dengan lahapnya sapi ini memakan habis ketupat yang diberikan sang pemilik sapi. Namun bentuk Ketupat Sapi ini tidak sama seperti ketupat untuk warga.

Ketupat yang dimakan sapi ini, bentuknya segitiga untuk sapi jantan dan ketupat berbentuk kotak untuk sapi betina. Setelah diberi doa baik secara massal di masjid desa setempat, maupun doa khusus sang pemilik sapi, ketupat-ketupat ini pun dikalungkan di leher sapi.

Tak lama kemudian sapi-sapi inipun langsung memakan ketupat yang dikalungkan di lehernya tersebut dengan lahapnya. Tradisi lebaran ketupat sapi di Desa Cepokorejo ini, sudah ada sejak ratusan tahun silam. Tujuan dari tradisi Lebaran Ketupat Sapi ini adalah untuk memberi doa agar ternak sapi milik warga sehat. Dan bisa beranak banyak, sehingga mendatangkan rejeki yang berlimpah bagi pemilik sapi.

Source http://seputartuban.com/tradisi-lebaran-ketupat-sapi/ http://seputartuban.com
Comments
Loading...