Tradisi Lebaran Ketupat di Rembang

0 65

Tradisi Lebaran Ketupat di Rembang

Salah satu tradisi setelah Idul Fitri adalah pesta makan ketupat atau biasanya disebut kupatan. Sebagian orang bahkan memberikan nama perayaan makan ketupat ini dengan sebutan Rioyo Kupat. Desa Kalipang, Sarang Rembang, Jawa Tengah  Rioyo Kupat atau lebaran ketupat, seminggu setelah lebaran warga masak kupat lalu di makan bersama sama di masjid. Warga Desa Kalipang baru saja turun setelah menunaikan Salat Shubuh berjamaah di Masjid Chilyatul Arifin. Tidak lama kemudian terdengar suara dari pengeras suara masjid yang memberitahukan jika warga dipersilakan ke masjid. Menggunakan bahasa jawa, pengurus masjid ini juga memberitahukan jika warga yang sudah membuat ketupat agar dibawa juga ke masjid.

Tak lama pengumuman itu berkumandan, satu persatu warga mulai datang ke masjid. Namun kali ini warga yang datang juga membawa satu wadah yang isinya adalah ketupat, sayur bersantan kue lepet (ketan dengan isi kacang merah), serta aneka macam kue. Setelah semua berkumpul dengan aneka sajian di depan masing-masing, acara dimulai dengan sambutan sebentar dan diakhiri dengan doa. Acara makan kupat bersama dimulai. Sebagian dari mereka bertukar menu untuk selanjutnya dimakan bersama-sama. Untuk menunya selain ketupat juga ada sayur bersantan seperti sayur lodeh, ikan lele atau ikan patin bumbu kuning, ada juga telor rebus. Begitu banyaknya menu yang dibawa warga, sajian itu pun tidak habis. Warga dipersilakan untuk membawa pulang.

Source http://travel.kompas.com http://travel.kompas.com/read/2015/07/26/131800027/Mengintip.Tradisi.Rioyo.Kupat.di.Rembang?page=all

Leave A Reply

Your email address will not be published.