Tradisi Larung Tumpeng Raksasa di Waduk Bening Madiun

0 64

Tradisi Larung Tumpeng Raksasa di Waduk Bening Madiun

Ratusan warga Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun mengarak tumpeng raksasa hasil bumi berupa sayuran, buah-buahan, serta hewan ternak berupa bebek dari Pendopo Waduk Bening (Waduk Widas) menuju ke tengah waduk.

Tumpeng raksasa berisi pelet makanan ikan serta tumpeng makanan manusia dan hasil bumi itu dilengkapi sejumlah bebek yang bakal di larung ke tengah Waduk Bening. Sebelum dilarung, tumpeng raksasa itu diarak dari pendopo Waduk Bening menuju tengah waduk bening. Sedangkan ribuan pengunjung dari Kabupaten Madiun, Ngawi dan Kabupaten Nganjuk tumpah ruah menyaksikan acara larung sesaji yang digelar setiap bulan Muharram itu.

Sementara, ratusan warga asli pajaran iku mengarak sejumlah tumpeng itu diikuiti 2 kesenian tradisional yakni grup reog dan tari dongkrek yang merupakan kesenian khas asli Kabupaten Madiun. Larung ini, dipimpin pemuka adat setempat. Acara diawali dengan doa di pelataran sekitar Waduk. Meski cuaca mendung, kondisi ini tak memengaruhi para pengunjung dan warga sekitar tampak antusias mengikuti prosesi larung sesaji itu.

Ketua Panitia Acara Larung Sesaji, Nyoto Marjoko mengatakan larung sesaji ini dilakukan untuk melestarikan tradisi sebagai adat budaya Jawa yang sudah diturunkan nenek moyang sejak dahulu. Selain itu, acara ini digelar untuk memperingati 1 Suro (1 Muharram dalam kalender Islam).

Sedangkan tumpeng dengan ukuran raksasa berisi makanan ikan berupa pelet dan makanan hasil bumi seperti sayuran, buah-buahan dan nasi lengkap dengan lauk pauknya itu, usai dikirab tumpeng sesaji kemudian di larung ke tengah Waduk Bening untuk ditenggelamkan. Acara semakin meriah saat hewan ternak yang dilarung menjadi rebutan warga sekitar.

Sementara, saat seluruh tumpeng itu dibawa ke atas perahu dan dilarung ke tengah Waduk Bening itu, menjadi tontonan puncak yang menarik para pengunjung lokasi wisata Waduk Bening itu. Ratusan warga dari berbagai daerah baik dari Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Nganjuk berkerumun di bibir waduk untuk melihat langsung acara ritual yang digelar setiap tahun itu.

Source Tradisi Larung Tumpeng Raksasa di Waduk Bening Madiun Surya
Comments
Loading...