Tradisi Labuhan Pantai Ngandong Gunung Kidul Yogyakarta

0 81

Tradisi Labuhan Pantai Ngandong Gunung Kidul Yogyakarta

Bulan Suro atau Muharram merupakan bulan pertama atau bulan baru dalam kalender penanggalan Jawa/Islam.  Beberapa tradisi berkembang berkenaan dengan peringatan bulan ini dan sebagian menjadi wisata religi serta budaya. Salah satunya tradisi sedekah laut atau labuhan di Gunung Kidul Yogyakarta di pantai Ngandong.

Kabupaten Gunungkidul DI Yogyakarta memiliki tradisi unik yang turun menurun diselenggarakan setiap tahunnya. Beberapa diantaranya sudah banyak diberitakan oleh media cetak maupun media elektronik. Pantai Ngandong berlokasi di  Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul atau berada di sebelah Pantai Sundak.

Pantai Ngandong sering disebut sebagai surga tersembunyi karena lokasinya tak banyak diketahui oleh para wisatawan. Nama Pantai Ngandong sendiri belum terlalu tenar seperti pasir putih lainnya di Gunungkidul. Pantai Ngandong tak hanya menyuguhkan keindahan alam saja. Pantai yang memiliki pasir putih tersebut juga menawarkan wisata menggnakan kapal kano yang disewakan kepada para wisatawan.

Labuhan Pantai Ngandong diselenggarakan di kawasan Pantai Ngandong, desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Tradisi ini rutin diselenggarakan setiap tanggal 1 (satu) pada bulan Suro Penanggalan Jawa.

Source https://teamtouring.net/tradisi-suro-di-gunungkidul.html http://jogja.tribunnews.com/2018/03/25/mau-main-kano-datang-saja-ke-pantai-ngandong-gunungkidul https://teamtouring.net/tradisi-tahunan-gunungkidul.html
Comments
Loading...