budayajawa.id

Tradisi Labuhan Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

0 18

Tradisi Labuhan Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai dengan pemandangan terindah di Gunungkidul. Pantai yang berjarak sekitar 62 km dari pusat Kota Yogyakarta ini memiliki hamparan pasir putih dan daerah laut dangkal yang cukup tenang hingga jarak 100 m dari bibir pantai.

Daerah dangkal inilah yang merupakan daya tarik tersendiri Pantai Kukup. Pengunjung bisa menyaksikan gundukan terumbu karang pada ujung pantai yang terlihat seakan melindungi pantai dari ombak-ombak besar.

Pantai Kukup seringkali disebut sebagai Tanah Lot versi Yogyakarta. Dikarenakan oleh adanya sebuah pulau karang disebelah timur pantai yang diberi nama Pulau Jumino, mirip dengan bentukan morfologi pantai di Tanah Lot. Anda bisa mencapai pulau ini melalui sebuah jembatan yang menghubungkan Pantai Kukup dengan Pulau Jumino.

Bulan Suro atau Muharram merupakan bulan pertama atau bulan baru dalam kalender penanggalan Jawa/Islam.  Beberapa tradisi berkembang berkenaan dengan peringatan bulan ini dan sebagian menjadi wisata religi serta budaya. Salah satunya tradisi labuhan di Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta.

Labuhan Pantai Kukup diselenggarakan di kawasan Pantai Kukup, desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul.  Tradisi ini rutin diselenggarakan setiap tanggal 1 (satu) pada bulan Suro Penanggalan Jawa.

Source https://bonvoyagejogja.com/pantai-kukup-keindahan-pemandangan-pantai-dari-seberang-pulau/ https://teamtouring.net/tradisi-suro-di-gunungkidul.html https://teamtouring.net/tradisi-tahunan-gunungkidul.html
Comments
Loading...