Tradisi ‘Klotekan’ atau Pukul Kentongan Sambut Gerhana Bulan Di Gunung Kidul

0 55

Tradisi ‘Klotekan’ atau Pukul Kentongan Sambut Gerhana Bulan Di Gunung Kidul

Masyarakat Gunungkidul memiliki tradisi yang unik dalam menyambut fenomena gerhana bulan atau Super Blue Blood Moon di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka masih melakukan tradisi ‘Klotekan’ atau Pukul Kentongan saat gerhana terjadi.

Masyarakat juga menyembunyikan wanita hamil ke bawah tempat tidur. Tradisi yang telah dilakukan selama ratusan tahun ini ternyata memiliki mitos di baliknya. Cerita mitos tersebut dikenal oleh masyarakat dengan nama Gugon Tuhon.

Fenomena gerhana ini berdasarkan cerita mitos adanya ‘Buto’ atau raksasa yang memakan bulan atau matahari, hingga bulan atau matahari tersebut hilang ditelan raksasa tersebut. Masyarakat disini percaya tentang fenomena gerhana matahari dan bulan ialah adanya raksasa yang memakan matahari.

Warga memukul kentongan atau lesung berkali-kali, untuk menciptakan suara gaduh. Bebunyian ini dipercayai oleh mereka dapat mengusir raksasa yang menelan bulan atau pun matahari tersebut. Masyarakat memukul kentongan, dan lesung. Bunyi-bunyian ini untuk mengusir raksasa yang mengambil bulan.

Fenomena gerhana ini paling ditakuti oleh masyarakat setempat, karena menimbulkan kegelapan. Suasana saat gerhana mencekam. Karena saat itu ada listrik ataupun lampu, warga masih menggunakan cahaya seadanya dari pelita.

Fenomena Gerhana ini juga ditakuti masyarakat membawa dampak yang buruk terhadap bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, wanita yang sedang hamil diungsikan masuk ke tempat tidur untuk mengindari bayi dalam kandungan cacat.

Tak hanya manusia, hewan yang tengah mengandung begitu. Hewan tersebut diungsikan ke dalam kandang. Usai gerhana hilang, para orangtua langsung mengolesi perut dari ibu hamil dengan abu yang masih hangat dari perapian, dan berbisik pelan ojo kaget yo jabang bayi dalam bahasa indonesia, jangan kaget ya.

Source http://wow.tribunnews.com/ http://wow.tribunnews.com/2018/01/31/tradisi-unik-warga-gunung-kidul-sambut-gerhana-bulan-pukul-kentongan-sembunyikan-wanita-hamil?page=4
Comments
Loading...