Tradisi Kirab Gunungan Menggono Pekalongan

0 182

Tradisi Kirab Gunungan Menggono Pekalongan

Dalam beberapa tahun belakangan, Pemerintah Kabupaten menyelenggarakan ritual gunungan megono bertajuk Kirab Gunungan Megono di daerah wisata Linggo Asri setiap bulan Syawal, tepatnya pada tanggal tujuh Syawal. Ritual ini termasuk baru. Sebab secara tradisi masyarakat tidak mengenal gunungan atau tumpeng raksasa yang dibuat dari nasi megono. Biasanya tumpeng dibuat dari nasi kuning yang memiliki makna filosofi tertentu.

Kirab gunungan megono kemudian didesain sedemikian rupa agar menjadi tradisi warga Kabupaten Pekalongan yang diselenggarakan setiap bulan Syawal. Agar ciri khas sebagai kota santri tampak maka kirab diiringi musik rebana dan shalawatan serta didahului dengan doa oleh seorang ulama. Mengapa kirab dipusatkan di kawasan Linggo Asri, karena Pemkab bermaksud mempromosikan wisata Linggo Asri kepada masyarakat Pekalongan dan sekitarnya.

Kirab yang dihadiri oleh pejabat-pejabat Kabupaten Pekalongan bertujuan ganda. Pertama, sebagai ajang silaturahmi antarwarga dan antarbudaya lintas agama, sebagaimana diungkapkan Bupati Pekalongan pada acara tersebut. Pada acara yang dipusatkan di kawasan Wisata Linggo Asri yang sebagian penduduknya menganut agama Hindu juga dibagikan sekitar 1.500 bungkus nasi megono. Ini tentu memberi pesan bahwa kebersamaan melalui acara makan nasi megono mesti menjadi tradisi. Kebersamaan antarwarga lintas agama tentu sebuah hal yang ingin dipertahankan meski Kabupaten Pekalongan sendiri dijuluki sebagai kota santri.

Rentetan acara yang sejatinya bermakna suci (dilambangkan dengan gunungan nasi putih) serta diiringi doa hendaknya tetap pada jalurnya sebagai ungkapan rasa syukur. Pada praktiknya, tidak seharusnya diakhiri dengan rebutan antarwarga. Mestinya kirab juga tidak terjerumus pada praktik mudharat. Awal yang khidmat hemat dan diakhiri dengan khidmat.

Source http://nasional.kompas.com http://nasional.kompas.com/read/2009/12/02/13173568/simbolisasi.gunungan.megono
Comments
Loading...