Tradisi Kemanten Sunat Gresik

0 217

Tradisi Kemanten Sunat Gresik

Di Kelurahan Lumpur, pesisir pantai utara, Kecamatan Gresik dimana mata pencaharian penduduknya sebagai nelayan, mencari ikan dilaut mereka mempunyai tradisi Kemanten Sunat ialah sosok anak lelaki yang memasuki usia dewasa melalui upacara pendewasaan berdasarkan tradisi khitan atau lebih dikenal dengan sunat.

Tradisi sunatan yang dilaksanakan secara turun temurun dengan bernafaskan Islam, seni sastra lisan tembang atau macapatan masih dijumpai di kelurahan Lumpur. Anak yang akan di sunat diarak keliling desa. Anak tersebut ditandu, seringkali tandu itu berupa hiasan atau berbentuk kuda-kudaan atau gajah-gajahan. Prosesi ini diiringi music terbang, grup pencak silat, ketopang dan iringan kelompok anak-anak seusia anak yang di sunat sambil membawa bendera, sapu tangan dan sendok. Prosesi ini di laksanakan sehari sebelum upacara sunatan ,waktunya setelah sholat ashar sampai menjelang mahgrib.

Perlengkapan yang unik berupa ketopang atau kembang manggar, bahannya berasal dari buah kates yang ditancapi sapu lidi, lidi dihiasi dengan kertas berwarna-warni. Ketopang dilengkapi dengan pontang lima, bahanya daun pisang dihiasi janur diberi isi ketan tersusun dalam lima macam. Maknanya suatu harapan agar anak yang disunat mampu melaksanakan lima macam rukun Islam sampai akhir hayatnya.

Pada malam hari diselenggarakan kegiatan mocopatan, membaca tembang atau kidung berisi cerita sejarah pengembangan agama Islam di Jawa. Kidung ini diucapkan dalam bahasa Jawa, yang sering dijumpai dengan beberapa kosa kata bahasa Jawa kuna. Puncak acara sunat, memotong kulit penutup ujung kemaluan anak yang di sunat. Akhli yang menyunatkan anak disebut Calak (dukun sunat).

Sesudah Calak melaksanakan sunatan ,maka biak keluarga mengadakan udik-udikan iyala menebar uang yang dicampur dengan beras dan kunyit, uang itulah yang di perebutkan oleh anak-anak kecil yang hadir pada upacara sunatan. Penutup upacara sunatan ialah upacara selamatan atau berkatan. Maknanya pihak keluarga mengucapkan uji sukur kehadirat Tuhan atas keselamatan si anak yang di sunat.Peserta selamatan pulang kerumahnya masing-masing dengan membawa berkat.

Source http://danilsetiawan.com http://danilsetiawan.com/dinamika-seni-pesisir-gresik/
Comments
Loading...