Tradisi Kaliwonan, Budaya Memandikan Bayi Di Pangandaran

0 133

Tradisi Kaliwonan merupakan salah satu budaya memandikan bayi lima tahun (balita) yang diwariskan oleh orang tua dulu kepada turunannya yang hingga saat ini masih dipertahankan oleh masyarakat di Pangandaran.

Kaliwonan merupakan tradisi yang diturunkan secara estapet sehingga tradisi ini hanya bisa dilakukan oleh turunan yang leluhurnya memiliki keahlian kaliwon. Tradisi ini diyakini sebagai salah satu tradisi yang supaya balita ada dalam keberkahan, keselamatan hidup, fisiknya sehat dan memiliki aura daya tarik anak.

Praktek Kaliwonan dilakukan kepada balita dengan cara memandikan menggunakan air bunga yang telah dibacakan do’a sambil dipijit dibagian tubuhnya. Air bunga untuk mandi kaliwon balita pun ada ketentuannya diantaranya ada uang recehan jaman dulu yang terbuat dari logam benggol bergambar Ratu Wihelmina dan batu alam khusus yang memiliki keramat. Tradisi ini dilakukan empat kali dalam satu bulan setiap Kaliwon, namun lebih dominan pada kaliwon gede yang terjadi pada hari Jum’at Kaliwon.

Source https://lifestyle.okezone.com https://lifestyle.okezone.com/read/2017/01/20/406/1597131/tradisi-kaliwonan-yang-masih-dipertahankan-masyarakat-pangandaran
Comments
Loading...