Tradisi Janur Kuning Di Jawa

0 55

Tradisi Janur Kuning Di Jawa

Saat melihat janur kuning ‘melengkung’ Anda tentu sudah paham bahwa di daerah tersebut tengah berlangsung sebuah pesta pernikahan. Lipatan daun kelapa muda lazim dimanfaatkan sebagai petunjuk oleh sang empunya hajat. Bahwa di tempat tersebut tengah berlangsung sebuah perayaan besar.

Simbolisasi janur kuning sendiri sebenarnya telah berlangsung selama berabad silam di Nusantara, terutama pada suku Jawa, Bali, dan Sunda. Bukan hanya berfungsi sebagai penghias semata, janur ternyata juga mengandung makna filosofis tertentu.

Dari segi bahasa, kata janur berasal dari bahasa Arab yang artinya cahaya dari surga sedangkan kata kuning diambil dari bahasa Jawa yang berarti suci. Sama halnya dengan masyarakat Jawa yang mengartikan janur sebagai ‘sejating nur’ yang berarti cahaya sejati. Janur memiliki makna bahwa sejatinya manusia membutuhkan cahaya dari Tuhan Yang Maha Esa untuk dapat melihat jelas hal yang baik dan buruk.

Janur kuning sendiri merupakan daun muda dari beberapa jenis tumbuhan palma besar, terutama kelapa, enau, dan rumbia. Biasanya dirangkai menjadi untaian menjulang ke atas menyerupai umbul-umbul. Namun belakangan kreasi rangkaian janur kuning semakin unik dan beragam.

Tradisi Janur di Jawa

Dalam tradisi Jawa, janur dianggap sebagai simbol kebahagiaan ini diolah menjadi beragam bentuk dan fungsi. Selain dibentuk bulat semacam bokor dan umbul-umbul yang berfungsi sebagai penanda atau petunjuk, janur juga dirangkai menjadi kembar mayang (sepasang hiasan dekoratif yang dipajang di pelaminan).

Dalam upacara perkawinan adat Jawa, kembar mayang digunakan sejak prosesi midodareni sampai prosesi panggih. Hiasan dekoratif ini pun menjadi simbol penyatuan dua individu dalam wadah rumah tangga. Sementara warna keputihan pada janur diharapkan menjadi doa agar cinta dan kasih sayang diantara mempelai dapar selalu muda laksana sebuah janur.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/ragam-budaya/tradisi-nusantara/tradisi-janur-kuning-di-nusantara-dan-filosofinya-4562

Leave A Reply

Your email address will not be published.