Tradisi Ider Ideran Ki Buyut Trusmi

0 92

Tradisi Ider Ideran Ki Buyut Trusmi

Ider ideran Ki Buyut Trusmi adalah tradisi rutin tahunan di Desa Trusmi Kabupaten Cirebon yang dilakukan untuk menyambut musim penghujan. Tradisi ini juga dilaksanakan untuk merayakan ritual penggantian atap rumbai Makam Keramat Ki Buyut Trusmi. Sesuai namanya ider yang berarti keliling, peserta tradisi ini akan berkeliling melewati jalur Pantura-Plered dengan start dan finish di Makam Ki Buyut Trusmi.

Ider ideran ini dimulai dengan para remaja yang menunggang kuda disusul para petugas dari Makam Ki Buyut Trusmi kemudian diikuti rombongan penari Baksa (Babak Yasa) yakni tarian khas daerah Trusmi. Setelah itu akan ada parade kostum seperti tuyul, dedemit, orang hitam, badut, tentara dengan meriam bambu, putri, orang gila bahkan banci. Selain itu banyak pula atraksi yang disajikan dalam acara ini seperti  ular naga, barongsai, jangkungan atau egrang setinggi 2 m, musik tarling, buroq hingga marching band. Dalam acara ini sejumlah pusaka warisan Ki Buyut Trusmi serta hasil bumi juga ikut dikirab.

Hal unik lainnya dari ider ideran ini adalah adanya replika raksasa setinggi 1-5 m yang ikut dikirab dalam acara ini. Replika raksasa ini biasanya berwujud binatang atau benda seperti naga, macan, angsa, singa barong, kerbau, buaya, merak, kereta paksi naga liman, motor dan masih banyak lagi. Tak heran jika acara ini sangat dinanti masyarakat bahkan mereka rela menunggu acara ini sejak pagi hari.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Ider-ideran-Ki-Buyut-Trusmi/
Comments
Loading...