Tradisi Ider-Ider Trenggalek

0 196

Tradisi Ider-Ider Trenggalek

Sejumlah petani di Trenggalek masih melestarikan tradisi Ider-ider yang telah ada sejak ratusan tahun silam, menyambut musim tanam dan panen raya padi. Kelompok tani yang masih menjalankan Tradisi Ider-ider berada di Dusun Jatisari, Desa/Kecamatan Pogalan Trenggalek. Prosesi Ider-ider dilakukan dengan memasang aneka sesaji atau cok bakal di empat penjuru mata angin pada tapal batas kawasan persawahan. Pemasangan tidak bisa dilakukan sembarangan, karena harus melalui prosesi adat dengan disertai aneka doa. Sesepuh dengan berjalan kaki mengitari area tanam sambil membakar batang padi kering.


Menurut Sesepuh Desa (Wakiran) “Isi dari cok bakal itu ada batang padi kering, takir dari daun kepala yang diisi dengan telur. Bunga, rempah-rempah bumbu dapur serta janur”. Menurutnya tradisi Ider-ider merupakan reprsentasi dari rasa syukur petani terhadap hasil panen yang melimpah. Selain itu juga sekaligus pengharapan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tanaman padi berikutnya bisa subur dan terbebas dari serangan hama. Ider-ider ini sudah ada sejak zaman nenek moyang dulu.

Salah seorang petani, Sudarto mengaku, hasil tanaman padi di wilayahnya saat ini relatif lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk menjaga pertumbuhan tanaman padi, para petani memilih untuk menggunakan agen hayati sebagai pembasmi hama. Jadi padi di kelompok ini tidak menggunakan pestisida, sehingga bisa dikatakan sebagai padi organik, hasilnya lumayan bagus. Menurutnya, meskipun hasilnya tidak sebanyak padi sistem konvensional, tanamaan padi kelompoknya relatif lebih tahan terhadap serangan hama, termasuk wereng yang saat ini sedang mewabah.

Source Tradisi Ider-Ider Trenggalek Detiknews
Comments
Loading...