Tradisi Haul Syeh Jangkung Pati

0 581

Tradisi Haul Syeh Jangkung Pati

Haul Syeh Jangkung diperingati pada 15-16 Rajab di mana pada malam-malam peringatan ini banyak peziarah berdatangan untuk berziarah maupun ngalap berkah. Haul Syeh Jangkung juga diperingati pengelola dengan menyelenggarakan pengajian. Biasanya Haul Syeh Jangkung dimulai dengan acara ganti kelambu kemudian disusul dengan acara pengajian dan pasar malam.

Pada saat haul Syeh Jangkung inilah banyak pengunjung bukan hanya datang dari warga Pati, tetapi juga dari berbagai provinsi hingga mancanegara, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Malaysia hingga Singapura. Selain hari haul, makam Syeh Jangkung dipadati pengunjung pada malam Jumat atau kamis malam.

Saat ini, Makam Syeh Jangkung memiliki juru kunci yang dipercaya sebagai keturunan Syeh Jangkung sendiri, yaitu RH Damhari Panoto Jiwo yang merupakan keturunan Syeh Jangkung ke-11. Salah satu petilasan yang ditinggalkan Syeh Jangkung adalah sumur kampung ndonga di mana dulu sumur ini digunakan Saridin (Syeh Jangkung) untuk minum saat Saridin tidak diberi minum oleh orang kampung mengingat waktu itu benar-benar kemarau dan musim kekeringan. Dari peristiwa itu, Saridin menancapkan pusaka ke tanah lalu muncul air.

Source http://fairies-queen.blogspot.co.id http://fairies-queen.blogspot.co.id/2016/01/tradisi-di-kabupaten-pati.html
Comments
Loading...