Tradisi Gubug Gede Desa Ngalang Gunungkidul

0 61

Tradisi Gubug Gede Desa Ngalang Gunungkidul

Acara bersih desa/rasulan dalam adat Jawa yang berlangsung di desa Ngalang kecamatan Gedangsari Gunungkidul berpusat di Gubug Gede. Puncak acara rasulan gubug gede. Sebelum acara puncak digelar seni budaya berupa reog dan jathilan berasal dari padukuhan sedesa Ngalang telah usai di gelar.

Dipuncak acara gelar rasulan ini, panitia penyelenggara menggadakan kirap gunungan dari masing-masing padukan desa Ngalang berjumlah 14 Gunungan sesui jumlah Padukuhan. Acara rasul gubug gede cukup banyak diminati oleh warga masyarakat. Tidak hanya dari desa Ngalang namun dari warga desa sekitar ikut hadir “Tumplek Blek” di area gubug gede.

Acara diawali kirap gunungan dari balai desa Ngalang mengambil rute ke pertigaan ploso doyong lalu menuju tempat puncak acara di Gubug Gede. Iring-iringan kirap gunungan dan budaya dipimpin langsung Lurah desa Ngalang.

Dengan didampingan para sesepuh desa dan diikitu dibelakangnya rombongan gunungan, kesenian, kelompok masyarakat dari 14 dusun. Setelah sampai di Gubug Gede, Gunungan di letakan di sisi Timur, Selatan dan Barat pendopo Gubug Gede. Sebelum acara rebut gunungan, diadakan acara doa yang dilakukan oleh sesepuh desa Ngalang.

Source http://www.gedangsari.com/ http://www.gedangsari.com/gubug-gede-tumplek-blek-rasulan-desa-ngalang-menjadi-icon-desa-budaya.html
Comments
Loading...