Tradisi Grebeg Getuk Lambang Kemakmuran Masyarakat Magelang

0 26

Tradisi Grebeg Getuk Lambang Kemakmuran Masyarakat Magelang

Prosesi Grebeg Gethuk adalah sebuah tradisi warga Magelang yang unik dan tidak ada di daerah lain. Tradisi yang menyedot perhatian ribuan warga ini menghadirkan gethuk, yaitu makanan berbahan singkong yang merupakan khas Kota Magelang.

Tradisi grebeg getuk diselenggarakan setiap tahun pada Hari Jadi Magelang sebagai lambang kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Magelang. Dalam grebeg ini selain menyajikan dua gunungan getuk “lanang” dan “wadon” juga menampilkan 17 gunungan palawija dari masing-masing kelurahan untuk diperebutkan masyarakat.

Dua gunungan getuk ditempatkan di halaman Masjid Agung Kota Magelang sebelum dibawa ke alun-alun dilakukan doa bersama. Setelah itu dibawa ke tengah Alun-Alun Kota Magelang diikuti 17 gunungan palawija dari 17 kelurahan di Kota Magelang.

Selanjutnya, Tari Rampak Buto, Pandhita, dan 9 penari sesaji menjadi sajian awal prosesi sakral tersebut. Tarian yang melibatkan 100 orang itu bercerita tentang peperangan antara para Pandhita yang berhasil menaklukan buto-buto yang berniat jahat.

Prosesi dilanjutkan dengan upacara Jawa, dimana seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat Jawa. Pada puncak acara grebeg, baik gunungan getuk maupun gunungan hasil bumi diperebutkan oleh ribuan orang yang memenuhi Alun-Alun Kota Magelang.

Prosesi grebeg Gethuk ini merupakan visualisasi sejarah Kota Magelang. Kita buat dengan berbagai pertunjukan seni tradisional karena kita ingin nguru-uri (melestarikan) kebudayaan jawa, termasuk makanan Gethuk sebagai makanan khas Kota Magelang.

Source https://regional.kompas.com/read/2014/04/20/1554004/Tradisi.Grebeg.Gethuk.di.Kota.Magelang https://www.cendananews.com/2018/04/grebeg-getuk-lambang-kemakmuran-masyarakat.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.