Tradisi Ganti Langse Srigati Ngawi

0 103

Tradisi Ganti Langse Srigati Ngawi

Alas Ketonggo dengan petilasan Srigati yang ada di dalamnya, terletak di Desa Babadan Kecamatan Paron. Tempat ini sudah lama menjadi jujugan para peziarah dalam memaknai datangnya bulan Muharram (Asyura). Sejak lama pula, warga Srigati memperingati pergantian tahun baru Islam dengan tradisi Ganti Langse.

Tahun ini tradisi Ganti Langse di petilasan Srigati dikemas oleh Pemkab Ngawi melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinparpora) dengan berbagai suguhan menarik. Selain menyedot antusias warga, ritual Ganti Langse juga diharapkan dapat menjadi salah satu ikon tahunan budaya dari Ngawi yang akan bergaung luas. “Tradisi Ganti Langse merupakan salah satu tradisi yang asli dari Ngawi dan sudah dilestarikan selama ratusan tahun, sangat layak jual untuk pariwisata,” menurut Kabid Kebudayaan Dinparpora Ngawi, Sukadi.

Ganti Langse  diisi dengan ruwatan masal, kirab gunungan sampai sedekah bumi. Sukadi menyatakan, budaya Ganti Langse cukup melekat di masyarakat dan diharapkan mampu menyedot wisatawan dan signifikan mendukung tahun kunjungan wisata ke Ngawi. Bahkan ke depan, Ganti Langse bisa diharapkan memberikan warna bagi ritual budaya dan perkembangan pariwisata di Ngawi, menjadi ciri khas Ngawi dan agenda tahunan yang dinanti wisatawan.

Source Tradisi Ganti Langse Srigati Ngawi Suara Media Nasional
Comments
Loading...