Tradisi Sungkem Saat Lebaran

0 272

Sungkem Lebaran

Tradisi Sungkem, merupakan tradisi yang sudah tak asing bagi kalangan masyarakat. Sungkem sendiri memiliki macamnya. Seperti Sungkem kepada orang tua saat hari raya Idul Fitri atau lebaran. Sungkem  merupakan salah satu ritual untuk memohon ampun atas kesalahan-kesalahan yang telah diperbuatnya kepada orang lain. Berbagai bentuk ritual untuk minta maaf kepada orang lain ini dilakukan dengan berbagai macam cara dan gaya.

Biasanya tradisi ini banyak di lakukan oleh masyarakat adat Jawa dengan menggunakan bahasa Jawa Kromo. Sering kali bahasa ini di gunakan saat sungkem kepada orang yang lebih tua seperti orang tua sendiri, kakek nenek atau lainnya.

Contohnya “Kulo ngaturaken sugeng riyadi lan nyuwun pangapunten dumatheng sedoyo kelepatanipun lan klenta klentinipun kulo” artinya dalam bahasa Indonesia yaitu saya ucapkan selamat hari raya, dan minta maaf dari semua kesalahan dan kekeliruan saya.

Ada pun adab saat sedang melakukan sungkem, seperti mengapit tangan yang kita ajak sungkem dengan kedua tangan kita kemudian merendah dan jongkok di depan orang yang lebih tua sambil menundukkan kepala dan mengucapkan kalimat sungkem dalam bahasa Jawa.

Source Tradisi Di Saat Lebaran jurnas.com
Comments
Loading...