“Tradisi Dandangan”, Tradisi Yang Digelar Setiap Bulan Ramadhan

0 114
Asal Mula Tradisi Dandangan

Sejarahnya upacara masyarakat kudus ini sudah eksis sejak berabad abad yang silam tepatnya sejak Sunan Kudus atau Syeikh ja’far Shodiq, salah satu wali songo penyebar agama islam di jawa. Ketika itu masyarakat dari berbagai daerah menunggu pengumuman awal ramadhan dari beliau Kanjeng Sunan Kudus, dikarenakan seorang walisongo yang dulu pernah menjabat sebagai imam kelima (terakhir) di masjid demak pada akhir masa pemerintahan Sultan Trenggana pada awal masa Sunan Pratawa. Sunan Kudus sendiri pindah dari Demak dengan mendirikan Kota Kudus setelah berbeda pemahaman dengan Sultan Demak mengenai jatuhnya awal bulan Ramadhan kala itu, Dalam Kedudukan sebagai imam masjid kala itu tentu saja Sunan Kudus di kenal sangat alim dalam Ilmu Agama Islam terumama Ilmu Fiqih dan Falak.

 

Konon di ceritakan Sejak zaman Syeikh Ja’far Shodiq atau Sunan Kudus berada di kudus, setiap menjelang bulan puasa ratusan santri Sunan Kudus berkumpul di Masjid Menara guna menunggu pengumuman dari Sunan Kudus tentang awal ditentukanya bulan puasa. Para santri itu sendiri tidak hanya berasal dari Kota Kudus, tapi juga dari daerah sekitarnya seperti daerah Kendal, Semarang, Demak, Pati, rembang blora cepu dan bahkan hingga sampai ke daerah Tuban Jawa Timur. Pada hari menjelang puasa setelah berjamaah menunaikan shalat ashar sunan kudus langsung mengumumkan dan di lanjutkan dengan memukul bedhuk yang mengeluarkan suara “dang dang dang” suara bedhuk yang berulang ulang itulah yang menimbulkan kesan terhadap masyarakat kudus dan pertanda khusus sebagai awal tiba bulan puasa, berawal dari suara dang dang setiap menjelang bulan puasa yang akhirnya masyarakat kudus mengadakan tradisi penyambutan Bulan Suci Ramadhan yang di namakan Dandangan yang terinspirasi dari suara dang dang dang dari bedhuk yang di pukul oleh Sunan Kudus.

Gambaran Tradisi Dandangan

Tradisi itu biasanya diramaikan dengan kirab Dandangan yang menampilkan potensi budaya beberapa desa di Kudus dengan rute kirab di jalan-jalan protokol kota itu. Setibanya di alun-alun, peserta kirab memperagakan adegan yang menceritakan perkembangan Islam secara sederhana. Seremonial tersebut biasanya ditutup dengan pemukulan bedug yang dilakukan oleh pejabat instansi terkait, sekaligus dimulainya puasa bulan Ramadan.

Source "Tradisi Dandangan", Tradisi Yang Digelar Setiap Bulan Ramadhan "Tradisi Dandangan", Tradisi Yang Digelar Setiap Bulan Ramadhan
Comments
Loading...