Tradisi Dandangan Di Kudus, Utamakan Pedagang Lokal

0 9

Tradisi Dandangan Di Kudus, Utamakan Pedagang Lokal

Tradisi tahunan menjelang puasa Ramadan atau disebut Dandangan di Kudus bakal digelar tanggal 16-25 Mei mendatang. Seperti biasanya, Pemkab Kudus berencana mewadahi para pedagang kali lima (PKL) yang meramaikan tradisi ini. Dandangan adalah semacam pasar malam yang diselenggarakan menjelang bulan puasa. Penempatan pedagang lokal akan jadi prioritas dalam kegiatan tahunan ini.

Dandangan tahun ini akan menampung 434 pedagang, yang akan ditempatkan dalam 268 petak dan 166 los. Pedagang dari berbagai daerah boleh menempati beberapa lokasi yang disiapkan tersebut. Namun semua harus melalui izin panitia yang berada di Taman Bojana.

Penggunaan lokasi berdagang akan dikenakan retribusi pemakaian kekayaan daerah (PKD) dan retribusi sampah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seluruh pedagang akan menempati tepi Jalan Sunan Kudus, Madurekso, Kiai Telingsing, Menara, Pangeran Puger, Wahid Hasyim, jalan KH Ahmad Dahlan, dan jalan raya Kudus-Jepara.

Untuk meminimalisasi keluhan atau protes penduduk setempat yang memiliki rumah atau kios di tepi jalan, kata Sofyan pedagang diminta tetap menjaga kebersihan. Selain itu, akan diberikan akses jalan keluar untuk gang atau jalan masuk rumah atau kios.

Untuk keamanan, melakukan koordinasi dengan Polres Kudus, Kodim, Satpol PP, Kesbangpolinmas, dan juga satpam desa. Tak hanya itu, Sofyan juga menceritakan nanti akan ada pos untuk pemantauan kegiatan tahunan tersebut. Hingga saat ini ia mengaku banyak pedagang yang datang menanyakan pembukaan pendaftaran Dandangan. Namun petugas masih menyusun perencanaan agar lebih matang dan tertata.

Source https://jateng.merdeka.com/ https://jateng.merdeka.com/perdagangan/tradisi-dandangan-di-kudus-ini-bakal-utamakan-pedagang-lokal-170418h.html
Comments
Loading...