Tradisi Blanggur di Bulan Ramadhan Gresik

0 32

Tradisi Blanggur di Bulan Ramadhan Gresik

Dahulu di jawa timur, khususnya kota Gresik, terdapat suatu tradisi unik pada setiap bulan ramadhan, yakni blanggur. Tradisi blanggur sendiri menggunakan alat berbentuk seperti meriam yang terbuat dari bambu, suara dentuman keras yang dihasilkannya merupakan penanda bahwa waktu berbuka telah tiba.

Tradisi ini dilakukan menjelang waktu berbuka puasa untuk menandakan waktu adzan maghrib telah tiba. Tradisi ini menjadi daya tarik sendiri bagi orang tua maupun anak anak untuk ikut berkumpul di alun-alun menyaksikan tradisi blanggur sambil membawa ta’jil dan bersama-sama menantikan waktu berbuka.

Kata blanggur sendiri berasal dari suara ledakan yang terjadi sebanyak dua kali. Yang pertama terjadi sesaat setelah bambu disulut dan akan terpental ke atas yang terdengar bunyi “blang” dan yang kedua saat terjadi ledakan di udara yang berbunyi “gurrr..”. Karena itulah tradisi ini disebut blanggur.

Tradisi blanggur ini bertujuan sebagai isyarat bahwa waktu maghrib telah tiba bagi masyarakat sekitar sehingga beberapa saat setelahnya akan diikuti suara adzan maghrib yang bersautan yang berasal dari masjid masjid karena mendengar suara ledakan dari blanggur tersebut. Hal ini dikarenakan karena masih kurangnya media penanda masuknya waktu maghrib dan tidak semua orang mempunyai radio untuk mendengarkan adzan maghrib, sehingga digunakanlah suara ledakan blanggur sebagai penanda.

Namun, tradisi ini perlahan lahan mulai hilang seiring dengan perkembangan zaman. Dimana makin banyak alat elektronik seperti penggunaan sirine dan televisi yang menyiarkan waktu adzan maghrib sehingga penanda dengan suara ledakan sudah tidak lagi dibutuhkan. Selain itu, blanggur tidak digunakan lagi karena terlalu berbahaya. Banyak kecelakaan terjadi saat tradisi banggur dilaksanakan. Blanggur seringkali tidak meledak saat di udara, melainkan meledak ketika sudah jatuh di tanah dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tradisi blanggur tidak digunakan lagi dan kini penanda buka puasa beralih menggunakan media televisi, radio, toa dan alat elektronik lainnya.

Source https://budaya-indonesia.org/ https://budaya-indonesia.org/Tradisi-Blanggur-di-bulan-ramadhan/
Comments
Loading...