Tradisi Bersih Desa Sokoliman Karangmojo Gunungkidul

0 148

Tradisi Bersih Desa Sokoliman Karangmojo Gunungkidul

Di kabupaten Gunungkidul masih dijumpai beberapa desa yang masih melakukan ritual Bersih Desa atau dalam bahasa lain “Rasulan”. Ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan untuk menyemarakkan Bersih Desa tersebut. Mulai dari gelaran pentas seni, kirab budaya, pertandingan olah raga, genduri,  dll.

Pada 7 april 2011 (Kamis Kliwon) desa Sokoliman yang berkecamatan Karangmojo melakukan bersih desa. Bersih desa yang dilakukan adalah membersihkan sungai dan sumur yang berada di desa Karangmojo. Kegiatan membersihkan sungai dan sumur itu dilakukan sebelum hari H atau sebelum tanggal 7 april 2011.

Karena pada tanggal 7 april (kamis kliwon) itu di desa Sokoliman ada ritual genduri yaitu membuat makanan yang dibawa ke sungai dan sumur. Itu wajib dilakukan setiap rumah yang ada di desa Sokoliman. Tempat untuk membawa genduri cukup unik karena terbuat dari pohon pisang yang dibuat bentuk seperti besek.

Setelah makanan dan para warga sampai di sumur, maka dilakukan doa oleh salah satu orang yang di tuakan di desa sokoliman. Setelah doa dan ritual selesai makanan-makanan yang dibawa itu dibagi-bagikan kepada orang-orang yang berada di tempat itu seperti penjual dan orang-orang yang melihat yang berasal dari desa lain.

Di desa Ngunung Abang kecamatan Karangmojo juga ada bersih desa, di Ngunung Abang juga membersihkan sumur dan sungai yang berada di desanya. Hanya saja yang membedakan di sana ada pertunjukan tayub (tarian-tarian) sebelum ritual doa dan pembagian genduri. Penari tayup berasal dari warga desa itu sendiri. Kalau di desa Ngunung abang bersih desa dilakukan pada tanggal 4 april 2011 (Senin pahing) kemarin. Ritual itu juga dilakukan setiap tahun dan sudah turun-temurun.

Source https://masipoeng.wordpress.com/ https://masipoeng.wordpress.com/2011/04/12/tradisi-bersih-desa-sokoliman-karangmojo/
Comments
Loading...