Tradisi Bersih Desa Nganjuk

0 257

Tradisi Bersih Desa Nganjuk

Ratusan warga Desa Jatirejo Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur menggelar kegiatan bersih desa di pemakaman umum desa setempat. Kegiatan bersih desa ini merupakan kegiatan rutin tahunan seusai panen raya. Uniknya dalam acara bersih desa ini, warga memberikan penghormatan kepada leluhur dengan memberikan rokok, jajanan maupun tumpeng.

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Desa Rejoso saja, melainkan hampir disetiap desa yang ada di wilayah Kabupaten Nganjuk. Kegiatan bersih Desa ini sudah menjadi tradisi warga sejak puluhan tahun lalu. Warga sejak pagi menggelar doa kepada leluhur di pemakaman desa setempat. Tidak hanya menabur bunga, namun disetiap makam yang dikunjungi pewarisnya ini diberi makanan yang disukai leluhur semasa hidupnya. Ada yang diberikan jajanan, rokok maupun tumpeng lengkap dengan lauk pauknya.

Kegiatan bersih desa ini merupakan bentuk syukur warga karena hasil panen yang melimpah. Usai berdoa bersama di makam, warga melakukan makan bersama di makam. Kegiatan ini tidak hanya digelar di malam saja, namun di dua tempat lainnya yang ada di desa tersebut yakni di pinggir sungai serta rumah kepala dusun. Dalam satu hari warga melakukan doa bersama ini di tiga tempat.

Menurut Kepala Dusun Janti Desa Jatirejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, Sunarto kegiatan bersih desa ini merupakan tradisi turun temurun yang sudah dilakukan warga sejak puluhan tahun lalu. Diharapkan dengan bersih desa ini, desa akan mendapat panen melimpah dan terlepas dari balak atau malapetaka bencana gagal panen.

Source Tradisi Bersih Desa Nganjuk Agtvnews
Comments
Loading...