Tradisi Ater Ater Di Sukoharjo

0 58

Tradisi Ater Ater Di Sukoharjo

“Ater-ater” merupakan tradisi menjelang Hari Raya Idul Fitri yang masih sering dilakukan oleh masyarakat di Jawa Tengah. Tradisi ini dilakukan dengan berkunjung ke rumah kakek nenek, saudara, dan tetangga.  Biasanya ketika berkunjung kita membawa semacam parcel sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Selain itu, tradisi ini juga bertujuan untuk menyambung silahturahmi sebelum hari raya. Di dalam parcel biasanya berisi tentang SEMBAKO (Sembilan Kebutuhan Pokok) seperti gula,minyak, sayur, dll. Selain itu, roti, gelas, peralatan rumah tangga lainnya juga biasa terdapat di dalam parcel.

Tradisi ini biasanya dibarengi dengan ziarah kubur ke makam para leluhur,seperti kakek, nenek, kakek buyut dan saudara kita yang telah meninggal dunia. Hal ini bertujuan untuk mendoakan arwah-arwah leluhur sebelum menyambut hari suci Idul Fitri. Ziarah kubur atau “nyekar” (dalam bahasa Jawa) dilakukan setahun dua kali. Waktu pelaksanaannya adalah sebelum puasa atau hari raya dan sesudah hari raya. Tradisi ini turun temurun dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah.

“Ater-ater” pada umumnya dilakukan oleh orang yang lebih muda dalam suatu keluarga besar. Alasannya adalah untuk menumbuhkan rasa menghormati kepada yang lebih tua dan mempererat ikatan persaudaraan. Ini merupakan salah satu bentuk perhatian orang yang lebih muda kepada saudaranya yang lebih tua. Jadi, “Ater-ater” memiliki makna dan tujuan yang mendalam.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Ater-ater/
Comments
Loading...