Tradisi Arisan Betawi

0 7

Tradisi Arisan Betawi

Tradisi silaturrahim sangat kental dalam lingkungan Betawi. Orang-orang betawi merasa bahagia ketika saling berkunjung. Mereka merasa bahwa ketika saling berkunjung, makan tali persaudaraan akan semakin kuat. Hal ini diterjemahkan melalui budaya yang disebut dengan budaya Arisan.

Arisan di keluarga Bertawi bermacam macam. Namun, jenis arisan yang paling sering dilakukan adalah arisan keluarga besar. Di budaya Betawi, kata “keturunan” bisa diganti dengan kata “bani” MIsalnya dari keturunan Rojak, maka akan disebut Bani Rojak. Biasanya, satu keluarga kecil dalam lingkungan Betawi akan punya sekurang-kurangnya empat(4) kelompok Arisan. Orangtua dari pihak Ayah, serta orangtua dari pihak Ibu.

Mengapa bisa lebih dari empat? ini diakibatkan adanya arisan dari keluarga besan, yaitu Kakek-Nenek dari pihak Ayah dengan Kakek-Nenek dari pihak Ibu, belum lagi apabila Kakek atau Nenek memiliki saudara kandung, baik itu kakak maupun adik, jumlah Arisan akan semakin banyak

Hal menarik yang terdapat pada Arisan Betawi ialah jika sebuah keluarga sedang melakukan prosesi pernikahan, maka keluarga tersebut dapat mengambil terlebih dahulu Arisan nya meskipun urutannya tidak di awal. Hal ini disebabkan rasa kekeluargaan yang sangat kuat antar sesama Betawi. Mereka menyadarai bahwa membuat acara tersebut memerlukan dana yang tidak sedikit.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Arisan-Betawi/
Comments
Loading...