Tradisi Aqiqah Dalam Masyarakat Jawa

0 3.799

Tradisi Aqiqah Dalam Masyarakat Jawa

Pengertian dari segi Bahasa Aqiqah artinya : memotong. Latar Belakang dinamaka Aqiqah, sebab dipotongnya leher binatang dengan penyembelihan. Ada pula yang mengatakan aqiqah itu asalnya dari Rambut yang terdapat pada kepala si bayi ketika  keluar dari rahim ibu, rambut ini disebut ‘aqiqah, karena ia mesti dicukur.

Aqiqah adalah penyembelihan domba/kambing untuk bayi yang dilahirkan pada hari ke 7, 14, atau 21. Jumlahnya  1 ekor untuk bayi perempuan dan 2 ekor untuk bayi laki-laki .

Hal-hal yang sunnah bagi sang bayi ialah sebagai berikut:

1. Disunnahkan untuk memberi nama dan mencukur rambut (menggundul) pada hari ke-7 sejak hari iahirnya. Misalnya lahir pada hari Ahad, ‘aqiqahnya jatuh pada hari Sabtu.

2. Aqiqah ini hukumnya sunnah

3. Aqiqah ini dibebankan kepada orang tua si anak, tetapi boleh dilakukan oleh keluarga yang lain (kakek dan sebagainya).

4. Bagi anak laki-laki disunnatkan ber’aqiqah dengan 2 ekor kambing sedang bagi anak perempuan 1 ekor.

Hikmah Aqiqah

Menurut Syaikh Abdullah nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam bahwa Aqiqah sebagaimana dilansir di sebuah situs memiliki beberapa hikmah,di antaranya ialah :

1. Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW dengan tujuan meneladani Nabiyyullah Ibrahim AS tatkala Allah SWT menebus putra Ibrahim yang tercinta Ismail AS.

2. Dalam aqiqah ini mengandung unsur perlindungan dari syaitan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu, dan ini sesuai dengan makna hadits, yang artinya: “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya.”. Sehingga Anak yang telah ditunaikan aqiqahnya insya Allah lebih terlindung dari gangguan syaithan yang sering mengganggu anak-anak.

3.Dapat memperkuat suatu hubungan tali persaudaraan dengan para masyarakat.

4. Merupakan bentuk taqarrub atau pendekatan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah .

5. Aqiqah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at Islam dan bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.

6. Aqiqah merupakan tebusan hutang anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari perhitungan. Sebagaimana Imam Ahmad mengatakan: “Dia tergadai dari memberikan Syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan aqiqahnya)”.

Source Tradisi Aqiqah Dalam Masyarakat Jawa pusat aqiqah layanan aqiqah jasa aqiqah
Comments
Loading...