Tradisi Ancak Agung, Tradisi Turun Temurun Masyarakat Situbondo

0 194

Tradisi “Ancak Agung” merupakan tradisi turun-temurun dan tujuannya tidak lain sebagai bentuk syukur atas karunia yang diberikan oleh Allah. Dari pantauan, ribuan warga dari hampir semua desa membawa ancak yang berisi berbagai macam hasil bumi, seperti pisang, wortel, kelapa, dan singkong serta buah-buahan lainnya yang sudah dibentuk sedemikian rupa berukuran kecil maupun besar. Ancak berbagai ukuran dan berisi hasil bumi itu diarak dari Jalan PB Sudirman menuju Alun-alun kota, dan selanjutnya ribuan umat Muslim membaca shalawat bersama.

Iring-iringan Kirab Budaya “Ancak Agung” berisi berbagai hasil bumi tersebut juga menjadi tontonan warga. Dan ketika iring-iringan tiba di alun-alun ancak berisi hasil bumi itu menjadi rebutan warga karena mereka meyakini makanan yang diperoleh dari “Ancak Agung” akan membawa berkah.

Ancak Agung menggunakan bahan-bahan yang berasal dari budaya setempat yaitu nasi lemak, kuning beserta lauk dengan atribut janur kuning serta aneka sayur dan buah-buahan dan juga jenis makanan lainnya yang disusun atau ditata menjadi raksasa yang indah dengan ukuran 1 – 3 meter.

Acara ini sangat mengkristal kekuatan potensi daerah sehingga sangat layak untuk dijadikan obyek wisata yang bagi masyarakat Situbondo. Seakan-akan masyarakat ikut memiliki acaranya, maka dengan ini mampu membuat suatu kebaharuan dalam rangka mensejahterakan masayarakat dan meningkatkan kemakmuran agama.

Source http://www.republika.co.id http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/12/02/p0c1ul335-kirab-budaya-ancak-agung-sambut-maulid-nabi-mu
Comments
Loading...