Tradisi Ampih Pare Huma

0 25

Tradisi Ampih Pare Huma

Potensi seni budaya Kabupaten Pangadaran dapat dijadikan pendukung sektror pariwisata alam yang menjadi andalam pendapatan asli daerah.

Tradisi ampih pare huma dengan kesenian angklung beluk di Dusun Margajaya, Ds. Margacinta, Kec. Pariri, Kab. Pangandaran, yang diselenggarakan tiap tahun sangat unik dan menarik.

“Selama ini wisatawan yang datang ke Kabupaten Pangandaran hanya ingin melakukan perjalanan wisata alam menikmati suasana laut. Padahal seperti halnya daerah agraris lainnya di Jawa Barat, di Kabupaten Pangandaran juga banyak masyarakat yang masih melaksanakan tradisi dan sangat menarik untuk diangkat menjadi pariwisata seni dan budaya,” ujar Pejabat Bupati Pangandaran, Enjang Nafandi, Kabupaten Pangandaran pada acara Revitalisasi Kesenian Tradisional Angklung Badud, bertempat di Dusun Margajaya, Ds. Margacinta, Kec. Pariri, Kab. Pangandaran.

Dikatakan Enjang, upacara tradisi dan kesenian tradisi untuk mendukung sektor pariwisata yang hingga kini belum digali diantaranya tradisi Ronggeng Gunung atau Rongge Pakidulan, seni Ebeg, pesta laut dan lainnya.

“Karenanya kami berharap pemerintah provinsi melalui berbagai program pelestarian dan pengembangan seni tradisi lebih mengarahkan ke sektor pariwisata,” harap Enjang.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/6-Tradisi-Ampih-Pare-Huma/
Comments
Loading...